Amalan Penghapus Dosa #1: Menyempurnakan Wudhu

12:30 PM Bethari 0 Comments

Bismillaahirrahmaanirrahiim




Alhamdulillah masih bisa bernapas tanpa merasa sesak, masih bisa shalat dengan posisi sempurna, masih bisa melihat wajah ibu dan bapak hari ini. Alhamdulillah, hari ini Thari masih bisa berbagi sedikit dari sekian banyak ilmu yang Allah taruh di muka bumi. Berkaitan sama posting sebelumnya yang bisa dicek disini , dari buku Dosamu Pasti Diampuni (Imam Al-Qabuni dan Ibnu Rajab Al-Hanbali) ada amalan-amalan yang insyaAllah bisa jadi penghapus dosa-dosa kita, juga sebagai penghindar dari api neraka, insyaAllah.

Sekarang postingan ini bakal ngasih tau empat hadist yang merujuk kalau menyempurnakan wudhu itu juga bisa menghapus dosa. Hadist pertama riwayat Ahmad:
"Jika seorang Muslim berwudhu, maka keluarlah dosa-dosanya dari pendengarannya, penglihatannya, tangan dan kakinya, dan jika dia duduk, maka duduknya adalah ampunan baginya"
Yang kedua, hadist riwayat Muslim, dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw bersabda,
"Jika seorang Muslim atau Mukmin berwudhu, kemudian ia membasuh wajahnya, maka akan keluarlah dari mukanya semua dosa yang dapat dilihat dengan kedua matanya bersamaan dengan air atau dengan tetesan terakhir (dari air wudhu) dan jika ia membasuh kedua tangannya, maka keluarlah semua dosa yang dilakukan oleh kedua tangannya bersamaan dengan air atau tetesan terakhir, dan jika ia membasuh kedua kakinya maka akan keluarlah semua kesalahan (dosa) yang dilakukan dengan langkah kakinya bersamaan dengan air atau tetesan terakhir. Sehingga ia keluar dari wudhu dalam keadaan bersih dari dosa."
Ada riwayat lain dari hadist Utsman r.a. disebutkan,
"Barangsiapa yang sedang berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, maka akan keluar dosa-dosanya dari badannya sampai dari bawah kuku-kukunya."
Yang terakhir, dalam lafal Nasaa'i disebutkan,
"Barangsiapa yang menyempurnakan wudhu sebagaimana yang diperintahkan Allah Ta'ala dan shalat lima waktu, maka akan menjadi penebus dosa-dosanya." 
Subhanallah ya, Allah bener-bener sayang sama kita. Wudhu aja bisa ngehapus dosa-dosa, asal sempurna, insyaAllah.

love as always,

Share







Photo by Kittuandme

0 comments:

I would love to hear anything from you! You can ask, request, or just to say hi, and I will absolutely reply your comment InshaAllah :)