Akhirnya! Hijab Fashion Benar-Benar Memasuki Level Baru: Intip Kolaborasi UNIQLO & Hana Tajima

2:56 AM Bethari 3 Comments


Nama Hana Tajima, UK born fashion designer yang sudah nggak asing lagi di telinga teman-teman pengguna hijab dan penikmat hijab fashion tiba-tiba muncul kembali dengan prestasi fashion yang luar biasa: BERKOLABORASI DENGAN FASHION RETAIL TERKEMUKA, UNIQLO!

Hana Tajima booming dan jadi fenomena sekitar lima tahun lalu (2010-2011) karena fashion stylenya yang berbeda dengan kebanyakan pengguna hijab lainnya. Ya, kira-kira di mana saat itu juga lagi gencar-gencarnya gerakan hijabers community di Indonesia. Sejak itu ranah fashion dengan gaya islami mulai lebih diterima dengan lapang oleh masyarakat dan kesan yang ditampilkan pada saat itu adalah bahwa berhijab tidak menghalangi perempuan muslim (muslimah) untuk tampil fashionable

Back to UNIQLO x Hana Tajima, sejak berhentinya Hana dari Maysaa (fashion brand yang dikelolanya beberapa tahun silam) namanya jarang banget terdengar. Hilang, kaya nggak ada jejak dan tahu-tahu Hana posting di akun Instagramnya tentang upcoming launching dari Hana Tajima collection for UNIQLO di tanggal 3 Juli 2015! Menurut website UNIQLO, di kolaborasi ini Hana nampilin koleksi yang simple (ciri khas Hana banget!) dengan bahan baju yang super soft. Untuk koleksinya sendiri menekankan terhadap unsur traditional dan feminity.

Rupanya Hana Tajima for UNIQLO ini diluncurkan untuk negara Malaysia, Indonesia, Thailand dan Singapura aja. Untuk di Indonesia sendiri, koleksi ini udah masuk di store UNIQLO Indonesia, so buat kamu yang penasaran kaya apa koleksinya, udah bisa dateng dan shopping (atau sekedar window shopping) langsung ke UNIQLO Indonesia.


Koleksinya sendiri terdiri dari lima bagian utama: tops, bottoms, dress and kebaya, hijab dan AIRism. Untuk koleksi kebaya sendiri saya nggak begitu ngerti apakah kebaya kaya di Indonesia atau gimana, tapi yang bikin saya seneng adalah kalau koleksi hijabnya juga available di store UNIQLO. Di pandangan saya, berarti UNIQLO sendiri udah memandang hijab bukan sebagai sesuatu yang menakutkan atau identik dengan teroris. Kabar baik bukan? Yay or nay? :)

Balik lagi ke koleksinya, ada satu koleksi atau subtema (mungkin) yang menarik perhatian saya: AIRism. UNIQLO bilang kalau AIRism ini sangat ringan, lembut, nggak bikin pengap, juga ternyata cepet kering. Karena belum liat langsung penampakannya kaya gimana, jadi saya masih bertanya-tanya AIRism ini untuk olahraga, semacam pakaian renang atau sejenis inner manset dan sebagainya (?).
Yang pasti, ada rasa senang tersendiri bahwa muslim fashion designer berhasil menembuskan hasil rancangannnya dan berkolaborasi dengan fashion retail yang belum pernah dijamah oleh baju muslim. Hana Tajima rocks!

Buat baca lebih banyak soal kolaborasi Hana Tajima dan UNIQLO, kamu bisa langsung ke websitenya Hana Tajima maupun UNIQLO. Kira-kira, kapan kamu mau ke UNIQLO? 

3 comments:

  1. Jadi inget awal-awal pake jilbab suka banget liat stylenya Hana Tajima. effortless yet elegant. Plus suka banget sama koleksinya Uniqlo dari dulu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes indeed! Mba Ratri udah cobain koleksinya? Aku belum kesampaian nih ke storenya :(

      Delete
  2. Beloom! Agak pricey menurutku, tapi koleksinya minta diborong

    ReplyDelete

I would love to hear anything from you! You can ask, request, or just to say hi, and I will absolutely reply your comment InshaAllah :)